Senin, 09 Desember 2013

MANAJEMEN SDM


MANAJEMEN SDM
Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang kian pesat, peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan semakin penting bagi badan usaha. Kualitas sumber daya manusia organisasi sangat menentukan sukses atau gagalnya pencapaian tujuan organisasi.
Sumber daya manusia merupakan sumber daya organisasi yang paling vital dan diakui sebagai asset yang paling berharga bagi badan usaha.

PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.

Menurut A.F. Stoner
manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli:

1. Menurut Melayu SP. Hasibuan.

MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

2. Menurut Henry Simamora

MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus.
Model Manajemen Sumber Daya Manusia
1.    Model Klerikal
2.    Model Hukum
3.   Model Finansial
4.   Model Manjerial
5.   Model Humanistik
6.   Model Ilmu Perilaku
Aspek Pengembangan SDM
Aspek kuantitas yang  mencakup jumlah SDM yang tersedia atau penduduk,
Aspek kualitas yang  mencakup kemampuan  SDM baik  fisik maupun non fisik atau kecerdasan dan mental dalam  melaksanakan  pembangunan.

BEBERAPA CARA YANG DILAKUKAN DALAM HAL PENGEMBANGAN SDM
·        Melakukan pelatihan-pelatihan
·        Memberikan reward bagi karyawan yang kerjanya mencapai target yang diberikan oleh perusahaan.
·        Meningkatkan kompetensi individu karyawan pada perusahaan tersebut

BEBERAPA TUJUAN DILAKUKANNYA PELATIHAN
·        Meningkatkan pengetahuan karyawan dalam hal budaya dan pesaing mancanegara yang diperlukan untuk sukses di pasar internasional.
·        Membantu meyakinkan bahwa karyawan memiliki keterampilan dasar dalam teknologi atau komputer.
·        Membantu karyawan dalam memahami bagaimana bekerja dengan efektif untuk meningkatkan kualitas produk.
·        Menekankan budaya organisasi dalam inovasi,kreatifitas dan pembelajaran.


kesimpulan

Masalah SDM dalam suatu perusahaan sangatlahbervariasi, maka dari itu suatu perusahaan harusmengetahui apa kekurangan dan kelemahan dari SDMnya sendiri.
Pelatihan SDM bertujuan untuk meningkatkan skill dari karyawan tersebut mulai dari teori, perilaku kerja, danpemikirannya.

  
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar